Rabu , 17 September 2014
Sabtu , 04 Mei 2013 21:37 WIB
Kemenag Cianjur Tambah Kuota Calhaj Lansia

Bimbingan Haji - CIANJUR -- Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Cianjur, Jabar, akan menambah tiga persen kuota calon haji lansia pada musim haji 2013 dari total kuota haji keseluruhan.
Kepala Kemenag Cianjur, Dadan Ramdani, melalui Kepala Seksi Urusan Haji dan Umroh, Hipni, Jumat, mengatakan, jumlah kuota calon jamaah haji lansia di Cianjur diperkirakan sebanyak 43 orang.
"Jumlah tersebut jika estimasi kuota calhaj Cianjur sebanyak 1.323 orang. Kebijakan itu diberikan oleh pusat, kita di daerah menyambutnya dengan gembira apalagi jumlah kuota calhaj lansia di Cianjur terbilang banyak," katanya.
Selama ini, tutur dia, minat masyarakat untuk menunaikan ibadah haji terbilang tinggi, hingga April 2013 jumlah pemohon haji mencapai 8.405 orang, terdiri dari 4.465 orang wanita dan 3.940 orang laki-laki.
"Jumlahnya akan terus bertambah setiap harinya. Saat ini setiap harinya 10-20 orang datang ke kantor haji untuk mendaftarkan diri," ungkapnya.
Namun tutur dia, pihaknya akan memberangkatkan calhaj berdasarkan daftar tunggu dari urutan pendaftaran karena kuota haji yang dibatasi setiap tahunnya.
"Kalau dengan estimasi kuota per tahunnya sekitar 1.323 orang, maka seluruh calhaj asal Cianjur semuanya baru dapat diberangkatkan di tahun 2019 mendatang, kecuali jika kuota ditambah," ucapnya.
Sementara itu, tambah dia, dari jumlah calon jemaah haji yang masuk dalam daftar tunggu, dari kalangan pegawai negeri sipil (PNS) tercatat sebanyak 17,73 persen, atau sekitar 1.490 orang.
"Sebagian besar PNS tersebut, berprofesi sebagai guru yang jumlahnya meningkat drastis sejak tahun 2009. Hal tersebut dampak positif dari adanya program sertifikasi," ujarnya.
Sedangkan calon lainnya dari kalangan ibu rumah tangga menduduki peringkat pertama dengan jumlah mencapai 39 persen atau sekitar 3.330 orang. (Ahmad Fikri, Y. Ali /Antara).


Komentar Facebook